September 20, 2010
Iklan Berani Melawan McDonald’s
Iklan tv ini berani mengatakan opini mereka tentang salah satu brand terkemuka di dunia fast food, McDonald’s. Iklan ini dibikin untuk Physicians Committee for Responsible Medicine di Washington.
Iklan ini dimulai dan diakhiri dengan adegan sedih. Seorang istri sedang menangis dihadapan suaminya yang telah tergeletak tanpa nyawa. Yang ganjil adalah pada saat kamera memperlihatkan bahwa suami yang sudah tidak bernyawa itu masih memegang BURGER. Pada saat itu narrator hanya mengatakan beberapa kata, “high cholesterol, high blood pressure, heart attacks.”
Setelah itu iklannya pun menampilkan Golden Arches dari logo McDonald’s yang sudah dikenal di mana-mana. Namun, bukan tagline “I’m lovin’ it” yang muncul di bawah logo M tersebut, melainkan “I was lovin’ it”. Setelah itu muncul tagline lain, “Tonight, make it vegetarian”.
IMHO iklan ini sangat berani dalam meng-ekspresikan fakta bahwa makanan dari fast food chain memang tidak sehat. Dapat dibayangkan betapa kesal McDonald’s dibikin dengan iklan ini. Bridget Coffing, jubir McDonald’s, sempat mengatakan “This commercial is outrageous, misleading and unfair to all consumers. McDonald’s trusts our customers to put such outlandish propaganda in perspective, and to make food and lifestyle choices that are right for them.”
Saya suka iklan-iklan seperti ini yang membawa makna yang dalam, namun masih dapat dikatakan “lucu”. What do you think? Apakah iklan ini terlalu vulgar dan tidak tahu diri?
http://blog.the-marketeers.com/archives/253
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment